Follow Us @soratemplates

Saturday, June 22, 2024

Groote Post Weg: Anyer – Panarukan

 

titik nol km bandung
Berfoto saat Bandung City Tour bersama BATIC (dok.pribadi)


Apa ada hubungannya antara Titik 0 Km Kota Bandung dengan Titik 1000 Km Panarukan?

Ada dong. Tugu Titik 0 Km yang merupakan monument tugu yang sangat ikonik. Banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk berfoto di depan tugu tersebut. Letaknya yang berada di kawasan

 

titik 1000 km panarukan
Tugu Titik 1000 Km terdapat di Kec. Panarukan, Situbondo (dok.pribadi)

Anyer Panarukan
Tugu 1000 Km Panarukan (dok. pribadi)


Tugu Titik 0 Kilometer Kota Bandung ini memiliki hubungam dengan pembuatan “Jalan Raya Pos” atau Groote Post Weg dan Anyer (Banten) sampai Panarukan (Jawa Timur) yang dibangun pada tahun 1808.

 

Pembuatan jalan yang memakan banyak korban ini dipimpin oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Herman Willem Daendels. Tujuannya dibuatnya jalan ini sebagai salah satu cara mempertahankan Pulau Jawa dari gempuran Inggris pada waktu itu.

 

jalan raya pos
Sumber foto: https://id.wikipedia.org/wiki/Jalan_Raya_Pos

Lalu, mengapa pembuatan “Jalan Raya Pos” itu membentang di sekitar pantai utara Pulau Jawa, namun mengapa jalan tersebut dibelokkan ke daerah Bandung?

Alasannya karena hasil bumi dari Priangan sangat banyak, dan dibelokkan karena jalan ini juga berfungsi untuk mendistribusikan hasil bumi tersebut.

Pada saat pembuatan “Jalan Raya Pos”, ternyata harus membelah sungai Cikapundung. Maka, dibangunlah jembatan yang menghubungkan jalan tersebut.

Pada waktu peresmian jembatan tersebut, Daendels bersama Wiranatakusumah II (Bupati Bandung saat itu), berjalan ke arah timur. Lalu, terucap satu kalimat yang sangat terkenal “Zorg, dat als ik terug kom hier een staad is gebouwd.” yang artinya “Usahakan, jika aku kembali ke sini, di daerah ini telah dibangun sebuah kota.”

titik 0 km bandung
Dok. pribadi

 

Tidak lama berselang setelah itu, keluarlah sebuah surat perintah yang isinya meminta perpindahan Ibu Kota Kabupaten Bandung dan Krapyak (sekarang daerah Dayeuh Kolot) ke sisi Groote Potsweg (Jalan Raya Pos). Dan tempat dimana Daendels menancapkan tongkatnya, dijadilan Titik Nol Kilometer Bandung.

 

Jadi, antara Titik Nol Kilometer Bandung dengan Jalan Raya Pos Anyer – Panarukan itu ada hubungannya, kan.

Gimana? Kalian sudah pernah berfoto di kedua monumen bersejarah ini?

No comments:

Post a Comment